alat berat

Ini Dia Jenis Sparepart Alat Berat dan Tips Membelinya

Jual sparepart alat berat selalu dicari ketika alat berat mengalami masalah atau kerusakan. Sayangnya, ketersediaan sparepart untuk alat berat di pasaran tergolong cukup terbatas, tidak sebanyak sparepart untuk motor maupun mobil.

Meskipun hanya satu atau dua bagian alat berat yang bermasalah, alat berat yang besar tersebut tidak dapat menjalankan fungsinya atau bahkan tidak dapat berfungsi sama sekali. 

Hal ini dapat memberikan berbagai dampak yang cukup merugikan bagi para pemilik karena alat berat tidak dapat beroperasi, menyebabkan kerugian dalam proses konstruksi, atau resiko terburuknya adalah harus membeli alat berat baru yang harganya juga tergolong cukup fantastis.

Manfaat Mengganti Sparepart Alat Berat

Melakukan penggantian suku cadang untuk alat berat menawarkan beberapa keuntungan yang membuatnya menjadi solusi terbaik untuk mengatasi permasalahan alat berat yaitu:

Memastikan Alat Kembali Berfungsi Dengan Normal

Setiap alat berat terdiri dari berbagai komponen dan spare part yang menjadi satu kesatuan untuk menjalankan suatu fungsi. Ketika ada bagian yang bermasalah atau rusak, maka ini akan menyebabkan alat berat tersebut tidak dapat berfungsi secara optimal.

Mengganti spare part yang bermasalah dengan membeli produk dari toko jual sparepart alat berat menjadi solusi yang cepat untuk mengatasi masalah tersebut. Bahkan cukup dengan mengganti kabel misalnya jika gangguan terdapat pada sistem elektronik, alat tersebut sudah dapat berfungsi kembali.

Menghindari Pembelian Alat Berat Baru

Ketika alat berat tidak dapat berfungsi karena ada komponen yang rusak dan menyebabkan alat sama sekali tidak dapat beroperasi, membeli alat berat baru menjadi solusi cepat. Namun, uang yang dikeluarkan juga cukup besar sehingga cara ini kurang efisien.

Sebagai Langkah Perawatan Alat Berat

Penggantian spare part tidak hanya dapat dilakukan ketika alat bermasalah, tetapi juga dapat dilakukan sebagai perawatan berkala. Beberapa komponen memiliki masa pakai dengan jangka waktu atau kriteria tertentu sehingga penggantian berkala dapat menjadi solusi pencegahan sebelum terjadi kerusakan.

Jenis Spare Part Alat Berat

Setiap jenis alat berat hadir dengan komponen yang berbeda-beda. Secara umum, suku cadang alat berat dikelompokkan menjadi beberapa jenis yang dapat dipisahkan lagi menjadi bagian-bagian yang lebih spesifik yaitu sebagai berikut:

Engine Part

Engine part adalah komponen – komponen suku cadang yang digunakan untuk mesin yang menjadi jantung dari alat berat. Beberapa contoh produk jual sparepart alat berat untuk engine part adalah camshaft, crankshaft, piston, liner, ring piston, valve in/ex, metal duduk, metal jalan, connecting rod, water pump, turbocharger, cylinder head, packing set, dan seal klep.

Electric System

Sesuai dengan namanya suku cadang ini memiliki peran penting untuk mendukung sistem kelistrikan. Supplier sparepart alat berat biasanya juga menyediakan komponen elektrik yang biasanya memerlukan penggantian untuk alat berat.

Komponen Hidrolik

Komponen hidrolik menjadi bagian yang banyak dicari di pusat sparepart alat berat. Sebenarnya suku cadang untuk sistem hidrolis masih dikelompokkan lagi menjadi beberapa jenis seperti main pump, main control valve, turning joint, cylinder boom, tavel motor, dan arm bucket.

Tire Wheel Rim

Suku cadang ini adalah seputar komponen yang berkaitan dengan roda, ban, dan berbagai komponen lain yang berkaitan dengan bagian penggerak ini. Ketika komponen ini bermasalah, alat berat menjadi sulit dipindahkan.

Seal Kits

Seal adalah komponen alat berat yang berukuran kecil tetapi memiliki peranan yang sangat penting. Komponen ini berfungsi mencegah keluar atau masuknya oli dari suatu celah. Bahan yang digunakan untuk membuat seal pun beragam, disesuaikan dengan tipe perapatnya. 

Ada 2 jenis seal yang digunakan untuk mesin yaitu seal dinamis dan statis. Tipe statis digunakan untuk komponen yang diam atau tidak bergerak. Contoh static seal adalah gasket, O-ring seal, dan liquid seal. Harga sparepart alat berat ini tergolong cukup terjangkau dibandingkan sparepart lainnya.

Filter

Ada beberapa jenis filter yang digunakan untuk alat berat yaitu filter oli dan filter bahan bakar. Untuk alat berat berbasis hidrolik, filter tersebut menjaga komponen mesin agar bertahan lebih lama karena memastikan oli yang digunakan selalu disaring dan memiliki kualitas yang baik. Saat beroperasi, oli mungkin saja terkontaminasi oleh debu udara. 

Padahal, oli hidrolik menjadi salah satu indikator penting untuk memastikan kualitas performa yang optimal. Masalah pada filter yang tidak diganti secara berkala atau dibiarkan kotor akan menyebabkan kerusakan ringan sampai fatal.

Mencari Sparepart Berdasarkan Merek Alat Berat

Pada umumnya alat berat diproduksi oleh perusahaan kenamaan dari luar negeri. Ada beberapa merek yang cukup banyak digunakan di Indonesia dan setiap merek tersebut biasanya memiliki kekhususan masing-masing ketika berbicara mengenai suku cadang. 

Jadi sebelum mencari toko jual sparepart alat berat, kenali dulu brand alat berat tersebut. Berikut ini adalah beberapa merek alat berat yang perlu diketahui.

Caterpillar Inc

Caterpillar merupakan merek alat berat asal USA. Dealer resmi brand ini adalah PT Trakindo Utama yang merupakan anak perusahaan dari TMT Group (Tiara Marga Trakindo). Caterpillar Inc itu sendiri adalah produsen alat berat yang sudah dikenal di dunia untuk alat-alat tambang dan konstruksi.

Segmen utama operasi brand ini adalah industry sumber daya mineral, industry konstruksi, dan transportasi. Caterpillar telah hadir selama 90 tahun dan telah memasarkan produknya ke berbagai benua.

Komatsu Indonesia

Ini adalah brand asal Jepang yang didistribusikan oleh PT United Tractors di Indonesia. Indonesia yang sedang mengalami perkembangan infrastruktur mengalami kebutuhan alat berat yang cukup banyak, termasuk produk-produk dari Komatsu.

Komatsu sudah memiliki pabrik di Indonesia yaitu di kawasan industri Cakung dan Cibitung. Komatsu Indonesia sendiri telah menjadi mitra untuk bisnis pertambangan, agro, kehutanan, dan konstruksi.

Hitachi Construction Machinery

Brand yang satu ini juga berasal dari Jepang. Hitachi Construction Machinery memproduksi alat berat untuk pertambangan dan konstruksi. Hitachi Group didirikan oleh seorang insinyur listrik Jepang bernama Namihei Odaira pada tahun 1910. 

Produk-produk tersebut dipasarkan ke seluruh dunia melalui jaringan global. Hitachi Construction Machinery menciptakan ekskavator hidrolik dalam berbagai ukuran dan aneka wheel loader.

Volvo Construction Equipment

Volvo adalah produsen internasional kenamaan untuk alat konstruksi premium. Berpusat di Gothenburg, brand ini telah menciptakan beragam mesin untuk memenuhi semua pekerjaan. Berapa mesin yang diproduksi oleh Volvo adalah articulated haulers, wheel loader, peralatan penanganan material, peralatan kompak, dan excavator.

Doosan Infracore

Brand alat berat lainnya yang banyak digunakan di Indonesia adalah Doosan. Doosan Infracore yang notabene adalah anak perusahaan Doosan Group ini telah menghadirkan berbagai macam produk konstruksi. Brand asal Korea ini juga telah melebarkan sayapnya di lebih dari 35 negara.

Tips Memilih Spare Part Alat Berat

Memilih dan membeli sparepart dari toko yang jual sparepart alat berat bukanlah perkara yang mudah. Apalagi penggunaan alat berat juga lebih terbatas dibandingkan kendaraan pada umumnya. Pemilihan sparepart tersebut biasanya disesuaikan dengan jenis alat berat tersebut seperti loader, dozer, hingga excavator. 

Seiring dengan kebutuhan sparepart alat berat yang meningkat, suku cadang tersebut kini juga dapat diperoleh secara online, salah satu toko sparepart alat berat online adalah di http://jualsparepartalatberat.net/yang menyediakan suku cadang alat berat terlengkap. Untuk memastikan Anda membeli spare part yang tepat, Anda dapat memperhatikan beberapa hal berikut.

Membuat Daftar Kebutuhan Sparepart yang Perlu Diganti

Sebelum membeli sparepart alat berat, ketahui lebih dulu apa saja suku cadang yang perlu diganti. Ada beberapa komponen yang dapat diganti satuan, namun ada juga yang harus diganti satu set. Jadi periksa dulu kriteria sparepart yang dibutuhkan mengingat harga spare part untuk alat berat juga tidak murah.

Memeriksa Spesifikasi Sparepart

Sebelum membeli produk dari pusat sparepart alat berat baik offline maupun online, cermati dulu spesifikasi. Apalagi jika membeli secara online, jika sampai salah membeli karena kurang cermat membaca spesifikasi tentu akan membuat Anda harus menunggu lebih lama untuk menukar sparepart tersebut. 

Pilihlah distributor sparepart alat berat yang menyediakan informasi secara detail seperti http://jualsparepartalatberat.net/. Jadi Anda dapat memastikan bahwa suku cadang tersebut sesuai dengan alat berat. 

Membeli Suku Cadang Asli

Saat ini cukup banyak suku cadang KW atau palsu yang dijual di pasaran. Jadi Anda wajib memeriksa keaslian dari suku cadang tersebut agar nantinya tidak berakibat fatal pada alat berat. Belilah suku cadang dari toko yang sudah terpercaya seperti http://jualsparepartalatberat.net/ yang hanya menjual suku cadang asli dari brand alat berat.

Demikian sedikit informasi mengenai jenis, merek, dan tips membeli sparepart alat berat. Membeli sparepart dari toko jual sparepart alat berat resmi seperti http://jualsparepartalatberat.net/dapat menjadi solusi terbaik untuk mendapatkan suku cadang asli alat berat dengan harga terbaik.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *